Latihan Pretest PPG 2022 (Tryout)


 


Pendaftaran PPG dalam jabatan tahun 2022 yang sudah dibuka pada tanggal 12 hingga 25 Februari tahun 2022. Untuk PPG dalam jabatan tahun 2022 nantinya calon peserta harus mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui akun SIMPKB nya masing-masing. Hingga kemudian calon peserta PPG dalam jabatan tahun 2022 dinyatakan lolos seleksi administrasi dan mendapatkan undangan untuk mengikuti pretest PPG daljab tahun 2022.

Untuk menjadi guru profesional terdapat tahapan bagi calon peserta PPG dalam jabatan tahun 2022. Adapun yang harus dilakukan salah satunya adalah nanti akan diberikan berbagai soal tes yang akan diberikan untuk peserta PPG daljab seperti diantaranya yakni soal Pedagogik, bidang studi, minat bakat, dan TPA.

Untuk dapat menjawab semua soal-soal yang diberikan calon guru nantinya juga akan diberikan kisi-kisi soal tes tersebut, yang pertama yaitu:

1. Tes Pedagogik

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam kisi-kisi soal pedagogik adalah calon guru diuji untuk merencanakan pembelajaran. Nantinya calon guru akan mempelajari beberapa hal dimulai dari merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran. Kemudian menetapkan materi, proses, media, penilaian, evaluasi pembelajaran, penyusunan RPP, silabus, dan lain sebagainya.

Melaksanakan pembelajaran, dalam tes pedagogik ini calon guru diuji untuk bagaimana cara guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk mewujudkan suasana. Disamping itu juga proses pembelajaran sesuai dengan kaidah pedagogik guna memfasilitasi pengembangan potensi diri dan karakter peserta didik.

Menilai dan mengevaluasi pembelajaran, dalam hal ini berarti berhubungan dengan penilaian guru terhadap otentik holistik terkait sikap, pengetahuan, serta keterampilan dari peserta didik.

2. Bidang Studi

Materi profesional sesuai dengan bidang studi, misalnya guru mata pelajaran matematika, nanti akan diujikan terkait bidang studi matematika. Begitupun dengan guru bidang studi lain, akan diujikan soal sesuai dengan bidang studinya masing-masing.

3. Minat Bakat

Minat yang akan diujikan adalah mengenai profesi tertentu dan tugas-tugas spesifik. Untuk minat terhadap profesi tertentu yakni keterlibatan guru terhadap pendidikan maupun non-kependidikan pada perasaan senang dan sikap positif terhadap profesi guru. Kemudian, minat terhadap tugas-tugas spesifik guru diantaranya mengenai intensitas keterlibatan guru pada bidang literasi dan kegiatan ilmiah, intensitas guru dalam kegiatan layanan sosial, serta intensitas guru dalam komunikasi secara persuasif.

Bakat, untuk tes bakat ini nantinya calon guru akan diujikan mengenai kemampuan penalaran guru dalam pemecahan masalah, perlakuan guru terhadap sikap peserta didik, serta kemampuan guru dalam menyesuaikan diri.

4. Tes Potensi Akademik

-Verbal (Hubungan kata, analitis, dan logis)

-Numerik (Mengenai deret, aritmatika)

-Figural (Hubungan bentuk, serial).

 

Supaya tidak penasaran yuk kita uji coba (Tryout)  berikut ini.

1. Pretest PPG 2022 Pedagogik

2. Pre Tes PPG Tes Potensi Akademik

    A. Sinonim dan Antonim

    B. Tes Padanan Kata (Analogi)

    C. Tes Barisan dan Deret

    D. Tes Aritmatika/ Geometri & Penalaran Analitis

Anda mungkin menyukai postingan ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar