Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berdiferensiasi


 


Kali ini saya ingi berbagi tugas CGP Modul 2.1 tentang Memenuhi Kebutuhan Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Tugas ini tentang Demonstrasi Kontekstual - Modul 2.1. yaitu Menyusun RPP. Rencana pembelajaran (RPP) yang dibuat harus mengimplementasikan salah satu dari diferensiasi konten, proses, atau produk

RPP berdiferensiasi yang saya susun saat ini untuk mata pelajaran matematika dengan kompetensi dasar Mengevaluasi kajian statistika dalam masalah kontekstual.

Beberapa hal yang kami asumsikan berkaitan dengan kebutuhan belajar siswa adalah sebagai berikut:

1.    Kesiapan belajar (readiness) siswa. Beberapa siswa ada yang sudah memahami konsep statistic secara lengkap ada yang ada pula yang Sebagian kecil

2.    Minat siswa. Siswa kami ada yang berminat menulis, menggambar dan membuat video

3.    Profil belajar siswa. Siswa kami ada yang suka belajar dengan kondisi senyap seperti perpustakaan, ada yang suka sambal mendengarkan music seperti di lab dan di kelas sambil berdiskusi dengan temannya

Differensiasi yang saya pilih :

Diferensiasi konten : Siswa membuat proyek sesuai kemampuan dan pemehaman mereka

Diferensiasi proses : Siswa diijinkan mengerjakan proyek di kelas/laboratorim komputer/perputakaan

Diferensiasi produk : Siswa boleh memilih proyek video, gambar atau makalah

Tujuan pembelajaran yang saya pilih adalah Melalui Project Based Learning, siswa dapat mengevaluasi kajian statistika dalam masalah kontekstual secara mandiri dan bertanggung jawab. Jadi model pembelajaran yang saya pilih adalah Project Based Learning (PjBL)

Berikut RPP berdiferensiasi yang saya buat

 Mode Luring


Jika penasaran silahkan unduh di sini

Mode Daring 

Jika penasaran silahkan unduh di sini

Anda mungkin menyukai postingan ini:

2 komentar: